Menghidupkan Lego Menjadi Animasi Stop Motion Menggunakan Android

Animasi Stop Motion Lego

Hai orang-orang yang memiliki waktu selo alias luang, marilah kita bereksperimen dengan mainan yang ada di sekitar kita. Daripada capek mikir revisi dari klien, ada baiknya kita tinggal mainan dulu. Kan jadinya bisa nyenengin anak, ponakan atau adek.

Kali ini saya akan mengutak-atik mainan lego dan membuat animasi dari kumpulan foto-foto yang saya jepret. Istilah kerennya sih stop motion. Jadi, mainan lego ini saya buat seperti bergerak dan difotoin satu persatu di tiap gerakannya.

Cukup bermodal kamera dari smartphone dan aplikasi dari Play Store. Saya menggunakan aplikasi yang bernama GIF Pro, hasil dari searching aplikasi gif maker di Play Store yang saya pilih secara acak saja.

Dari melihat screenshot-nya sepertinya mudah dipahami. Masing-masing foto bisa diatur durasinya. Semisal tiap satu foto diatur untuk muncul selama 0,1 detik. Berarti untuk membuat animasi stop motion yang berdurasi 10 detik dibutuhkan 100 jepretaan foto. Klenger!  Hahaha…

Di aplikasi yang saya pakai ini juga bisa setting hasil gambar gif dibuat bergerak satu kali saja atau looping (terus-menerus diulang).

Untuk animasi ini saya menggunakan LEGO seri McLaren Pit Stop milik keponakan saya dan juga tambahan mainan balok merek lainnya. Berikut ini adalah scene yang saya buat.

Ceritanya adalah seorang pembalap yang mau balapan. Berjalan ke arah mobil lalu masuk ke dalamnya. Yang pertama dilakukan adalah mengerakkan si pembalap tersebut berjalan menuju mobil.

Kemudian untuk membuatnya tampak seperti memasuki mobil, si pembalap saya posisikan berdiri di driver seat alias kursi kemudi. Setelah itu abru diposisikan duduk siap beraksi. setelah pembalap duduk, yang dianimasikan adalah mobilnya. Mobil saya buat seolah bergerak maju dalam empat jepretan foto.

Lebih jelasnya silakan simak gambar di bawah ini.

Frame by Frame Pembuatan Stop Motion
Frame by Frame Pembuatan Stop Motion by desainermales.com

Dari 11 jepretan foto di atas, saya bisa menghasilkan animasi stop motion seperti scene di bawah ini. Lucu bukan?

McLaren Lego Stop Motion
Stop Motion oleh desainermales.com

Berlanjut ke adegan berikutnya.

Ceritanya di tempat lain, dalam scene ini adalah pit stop, saya membuat seorang mekanik sedang menyiapkan bahan bakar. Tak lama kemudian si pembalap masuk ke pit stop untuk mengisi bahan bakar. Setelah itu si pembalap langsung tancap gas.

Di sini saya melakukan 43 kali take foto yang terdiri dari empat adegan. Ceritanya cukup mengarang yang sederhana saja. Namanya juga refreshing. Hahaha..

Adegan pertama, seorang mekanik sedang menyiapkan bahan bakar. Adegan ke-dua, si pembalap datang mengendarai mobilnya. Adegan ke-tiga, si mekanik mengisi bahan bakar. Adegan ke-empat, mobil si pembalap melaju dengan kencang.

Frame by frame Lego Stop Motion
Frame by frame Lego Stop Motion by desainermales.com

Untuk gerakan yang berulang kita bisa menggunakan foto yang sama. Tinggal diulang saja repetisi atau susunan fotonya. Dan dari kumpulan foto-foto di atas jadilah animasi stop motion seperti yang di bawah ini. Yaay!

Animasi Stop Motion Lego
Stop Motion oleh desainermales.com

Di sini saya memotret hanya menggunakan kamera dari smartphone tanpa bantuan alat apapun. Saran saya, ketika memotret lebih baik menggunakan tripod agar angle atau sudut pandang foto tetap stabil.

Kumpulkanlah juga kesabaran ekstra, serta carilah partner untuk membantu membuat gerakan lego satu per satu. Dengan bekerja sama 2 orang, tentunya orang pertama bisa fokus memotret dan orang ke-dua bisa fokus dengan perpindahan gerakannya.

Tertarik membuat stop motion juga? Atau sudah pernah membuatnya? Silakan share di sini.

Salam woles…  😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − 6 =