Stok Foto Gratis, Mockups, dan Fonts dalam Satu Website

The best royalty free stock photos in one place

Bagi kita para pelaku industri kreatif di bidang grafis, seringkali membutuhkan senjata desain tambahan berupa stock images, product mockups, maupun fonts. Baik itu yang berbayar maupun gratisan. Gratis yang memang benar-benar gratis ya, bukan gratis secara ilegal alias bajakan. Hahaa…

Perlu diingat bahwa tidak semua gambar yang kita temukan di Google itu boleh dipakai. Tergantung lisensinya. Ketika kita klik gambar yang tampil di hasil pencarian, di bawah gambarnya itu tertera Images may be subject to copyright” atau “Gambar mungkin memiliki hak cipta”. Jadi kita perlu memastikan lisensi penggunaannya itu dengan merujuk ke situs aslinya.

Images may be subject to copyright
Penjelasan tentang lisensi gambar di Google

Nah, saat ini keberadaan situs-situs penyedia stok gratisan sudah tergolong banyak. Mulai dari yang kurang berkualitas sampai yang kualitasnya bagus-bagus. Saya sendiri sering menggunakan stok foto dari Unsplash, Pexels, dan Pixabay untuk membuat preview images untuk font buatan saya.

Namun sayangnya jumlah konten dari masing-masing situs masih tergolong terbatas, tak sebanyak di situs-situs berbayar semacam Shutterstock, Envato, Creative Market, dan sebagainya. Terkadang ketika kita mencari stok foto gratis tertentu di Pixabay tidak ada, ternyata di Pexels ada. Pun sebaliknya, ketika mencari di Pexels tidak ada, ternyata di Unsplash ada.

Nah, di sebuah situs spesial yaitu, TheStocks.im, semua situs-situs website penyedia stok foto gratisan itu dikumpulkan menjadi satu! Kita nggak perlu repot membuka browser tab banyak-banyak. Asyik kan? Tentunya lebih asyik lagi kalau layar monitor kita lebar.

the stocks
Halaman TheStocks.im yang sedang digunakan untuk mencari stok foto di Pexels.com

Nah, cobalah cek website-nya TheStocks.im. Di situ kita bisa tahu situs-situs apa saja yang menyediakan stok foto gratis, fonts, mockup, bahkan video. Berikut ini daftar situs-situs gratisan yang di-merge di TheStocks.im.

Untuk kategori foto, situs-situs yang ditampilkan adalah berikut ini:  Pixabay, Unsplash, Free Range, Little Visuals, New Old Stock, Visual Hunt, Super Famous, Startup Stock, Gratisography, Getfere, Pexels, Jay Mantri, Magdeleine, Travel Coffee, Moveast, Barn Images, Shot Stash.

Untuk kategori mockups, berikut ini listnya: Smart Mockups, Mockerie, Mockuuups, Magic Mockups, Dunnnk, Mockit, 360 Mockups, Mockup World, Free Design ResourcesBrowser Frame, Go Mockups, Mockuuups Studio, Place It, Scenery, Data Matic, Designer Mill, Launch Kit.

Untuk kategori mockups ini terdapat dua jenis mockups, yaitu yang file-nya bisa di-download langsung, dan satunya lagi berupa online generator, jadi proses mengedit mockup-nya dilakukan secara online dengan meng-upload desain kita di generator tersebut.

Kemudian masuk ke kategori fonts, ternyata tidak hanya situs-situs download fonts saja tetapi ada juga “font pairing”, yaitu situs yang berisi tentang perpaduan fonts yang mempermudah desainer untuk menentukan font di dalam desain yang sedang dikerjakannya.

Situs-situs download font gratis yang sudah terkenal tentunya ada di sini seperti Dafont dan Fontsquirrel. Kemudian ada Typewolf dan Fonts in Use yang berisi blog tentang tipografi. Untuk font pairing bisa klik ke Font Pair. Ingin mengidentifikasi nama sebuah font? Kita bisa menggunakan WhatTheFonts dan Font Matcherator. Selain itu ada juga Font Reach yang men-scan penggunaan fonts di banyak website.

Masuk ke kategori icon, di sana ada The Noun Project dimana saya juga jualan icon di situs tersebut, kemudian ada Flat Icon milik Freepik. Ada juga icon yang berformat font untuk web, Font Awesome. Butuh icon website-website populer seperti Facebook atau Instagram? Kita bisa klik Simple Icon.

Selain empat kategori di atas masih ada juga kategori video gratis yang di dalamnya ada Pexels dan Pixabay juga. Kemudian ada X Stock Video, VideoVoo, Distill, dan masih banyak lagi yang sebelumnya saya belum tahu. Hahaa 

Bingung memadu-padankan warna? Kita bisa klik ke kategori “colors”. Di situ banyak terdapat situs-situs penghasil color palette untuk desain. salah satunya Coolors milik Skillshare. Ada juga favorit saya Color Drop, palet warna yang diproduksi oleh situs ini cocok banget untuk desain UI yang sesuai tren saat ini. Selain itu ada Flat UI Colors, Material UI Colors, UI Gradients yang cocok untuk desain bergaya flat design. Untuk panduan warna yang bisa digunakan untuk vintage illustration bisa klik ke Color Hunt dan Color Claim.

Dengan adanya situs-situs penyedia gambar gratisan tersebut, kita bisa mendapatkan gambar atau foto yang berkualitas, baik dari sisi fotografi maupun kualitas gambar itu sendiri alias high resolution, tentunya secara gratis.

Elemen lain selain foto gratis pun juga bisa mempermudah pekerjaan kita seperti font pair, color palette, maupun mockups.

Pilihan terakhir kalau di semua situs gratisan itu kita nggak nemuin gambar yang kita butuhkan, gimana? Ya terpaksa harus mencari di situs berbayar. Kita bisa beli marketplace seperti di Envato dan Creative Market, atau di microstock seperti Shutterstock, Adobe Stock, maupun Freepik.

Nah, kalau kita bisa beli, berarti kita juga bisa jualan di situ dong?

Benar. Dengan berjualan di marketplace atau microstock, kita bisa membangun aset digital yang bisa mendatangkan passive income. Ketika passive income sudah mengalir deras, kita bisa menikmatinya sambil jalan-jalan. Hahaaa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × one =